60 Kilometer Switch Over Serempak untuk mendukung perekonomian Indonesia

infographic railway 60 km  60 Kilometer Switch Over Serempak untuk mendukung perekonomian Indonesia infographic railway 60 kmJalur lintas utara merupakan jalur penting dalam perekonomian Indonesia karena jalur ini menghubungkan dua kota yang menjadi usat perekonomian Indonesia yaitu Jakarta dan Surabaya. Menurut teori makroekonomi salah satu hal yang dapat mendukung peningkatan GDP (Gross Domestic Product ) suatu negara adalah peningkatan infrastruktur transportasi. Dengan adanya peningkatan infrastruktur transportasi maka akan meringankan biaya transportasi dan dengan sendirinya akan mendorong pertumbuhan GDP. Len memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui peningkatan infrastruktur juga ikut ambil bagian dalam hal ini. Melalui anak perusahaan nya Len melakukan aktualisasi peningkatan infrastruktur transportasi Indonesia terutama infratruktur perkeretaapiaan dalam bidang persinyalan. Dan pada tahun ini len berhasil mecatatkan sejarah dengan melakukan Switch Over pemecah rekor. Switch Over ini dilakukan sepanjang 60 kilometer secara serentak pada tanggal 8 Mei 2014.

 

Swith over pada dasarnya merupakan pengalihan fungsi dari fungsi sebelumnya ke fungsi yang akan dipasang, apabila awalnya menggunakan persinyalan mekanik maka selanjutya menggunakan persinyalan elektrik, dapat juga meliputi perubahan fungsi single track ke Double track. Switch over memiliki aturan batas waktu atau (window time) semua alat harus on dan berjalan dengan baik dalam batas waktu tersebut. Alasan adanya batas waktu tersebut adalah karena jalur tersebut masih harus digunakan untuk lalu lintas kereta. Namun bagi kami semua persiapan sudah matang bahkan sebelum switch over dilakukan. karena len sangat berkomitment dengan factor keselamatan. Kami selalu melakukan pendampingan sampai sinyal ini benar benar berfungsi.

 

Switch over yang pantas untuk diingat ini terjadi beberapa Stasiun. Switch Over mulai dilakukan dari Stasiun Babat sampe Stasiun Kandangan. Total secara keseluruhan dari Babat sampai Kandangan melewati jalur sejauh 60 kilometer. Len mengerahkan lebih dari 100 personil untuk melancarkan momen bersejarah didalam perkeretapian Indonesia. Switch Over ini diresmikan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko dan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono sebagai perwakilan dari Len turut hadir Direktur Pemasaran Adi Sufiadi dan Direktur Utama Len Railway System Dewayana Agung Nugroho.