APMS Terapkan PSD untuk Keamanan Penumpang

APMS (Automated People Mover System)  APMS Terapkan PSD untuk Keamanan Penumpang PSD di APMS Automated People Mover System

Bandung (24/7/2017) – PT Len Industri mentargetkan APMS (Automated People Mover System) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dapat beroperasi Tahap I pada Bulan Agustus 2017 mendatang. Sedangkan Tahap II ditargetkan pada Bulan November 2017, serta dapat bekerja secara full-driverless mulai tahun 2018 mendatang. APMS akan menggunakan 3 buah Trainset, yang ketiganya per 22 Juli 2017 lalu sudah berada di Jakarta.

Sistem ini satu-satunya transportasi perkeretaapian di Indonesia yang menggunakan Platform Screen Door (PSD) yang diintegrasikan oleh Len sebagai mekanisme pengamanan penumpang. Struktur PSD yang akan dipasang adalah sebanyak 40 unit untuk lima stasiun.

 

PSD merupakan sistem pengaman untuk mencegah penumpang jatuh ke guideway dari kendaaran ataupun stasiun dengan memasang pintu geser pada ujung pinggir platform dan meng-interface pintu tersebut dengan pintu kendaraan untuk membuka/menutup dan menjaga pintu tetap tertutup selama tidak digunakan.

APMS (Automated People Mover System)  APMS Terapkan PSD untuk Keamanan Penumpang APMS Automated People Mover System

APMS menggunakan teknologi sistem sinyal modern tanpa awak atau juga dikenal sistem CBTC Driverless (Communication Based Train Control) hasil inovasi para engineer handal Len dan anak perusahaan. Selain sistem persinyalan, Len juga sedang fokus menggarap sistem telekomunikasi dan substation dalam proyek ini.

 

APMS termasuk variasi dari AGT (Automated Guideway Transit) yang berbasis roda karet. Bagi Len, proyek ini bisa menjadi pilot project untuk penerapan APMS di bandara-bandara lainnya di Indonesia.