E-KTP Reader (Pembaca KTP Elektronik)

Penulis : Mursid Indarto, ST. M.D.Comm.
Divisi Pusat Teknologi dan Inovasi
PT Len Industri (Persero)
Dupublikasikan pada : Desember 2013

 

PENDAHULUAN

Saat ini e-KTP telah dibagikan kepada masyarakat Indonesia walaupun belum seluruhnya menerima e-KTP. Secara fungsi e-KTP sama dengan KTP biasa (non-elektronik) yaitu sebagai tanda identitas kependudukan seseorang yang meliputi antara lain: biodata, foto, dan tanda tangan. Walaupun demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara KTP non-elektronik dan e-KTP. Perbedaan yang utama yaitu pada e-KTP terdapat chip. Fungsi chip tersebut menyimpan data-data kependudukan (seperti yang tercetak pada KTP), biometric, dan juga kunci-kunci kriptografi.

 

Salah satu keunggulan e-KTP adalah pada e-KTP dapat dilakukan verifikasi terhadap pemilik e-KTP. Hal ini disebabkan bahwa pada e-KTP terdapat data biometric yaitu berupa finger print jari telunjuk kiri dan kanan. Data biometric ini tidak dicetak pada tampilan e-KTP, namun datanya terdapat pada chip e-KTP. Dengan adanya biometric ini, maka dapat dilakukan verifikasi bahwa pemilik e-KTP adalah benar-benar yang bersangkutan dengan membandingkan antara finger print yang ada di dalam chip e-KTP dan hasil scan finger print jari telunjuk yang bersangkutan pada finger print scanner.

 

Mengingat sebagian masyarakat Indonesia telah memiliki e-KTP maka diperlukan suatu alat untuk membaca e-KTP tersebut. Oleh karena itu, alat e-KTP Reader ini sangat diperlukan di Indonesia, Berbagai institusi menggunakan e-KTP seperti di pemda (kecamatan dan kelurahan), di bidang perbankan, imigrasi, jamkesmas, dan lain-lain. Mengingat potensi pasar yang cukup besar ini, maka Divisi Pusat Teknologi dan Inovasi PT Len Industri (Persero) melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Saat ini telah terwujud produk e-KTP Reader.

 

Secara umum fungsi utama e-KTP Reader ini adalah :

  1. Melakukan pembacaan data e-KTP yang meliputi biodata (nama, tempat, tgl. lahir, alamat dan lain-lain), foto, dan tanda tangan.
  2. Melakukan verifikasi bahwa e-KTP tersebut adalah milik yang bersangkutan dengan melakukan scan telunjuk kiri atau kanan menggunakan finger print scanner yang terdapat pada e-KTP Reader.

 

Arsitektur e-KTP Reader

Arsitektur e-KTP Reader dapat digambarkan sebagai berikut :

bulen14-1  E-KTP Reader (Pembaca KTP Elektronik) bulen14 1

E-KTP Reader ini terdiri atas 3 komponen utama yaitu:

  1. Contactless card reader yang dilengkapi SAM slot.
  2. Finger print scanner.
  3. Main Board

bulen14-2  E-KTP Reader (Pembaca KTP Elektronik) bulen14 2

Artikel E-KTP Reader  (Pembaca KTP Elektronik) selengkapnya dapat didownload di sini