Pemberdayaan Masyarakat

Kebijakan
Bentuk tanggung jawab perusahaan yang dilakukan oleh Len terkait dengan pengembangan sosial kemasyarakatan dilakukan melaui Program Kemitraan (PK) yang diemban oleh Unit Kerja PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) dalam rangka menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarkat setempat yang telah diatur dalam pasal 74 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 mengenai Perseroan.

 

Program Kemitraan (PK) diaktifkan kembali sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Negara BUMN No. S.554/ MBU tanggal 9 September 2013, yang sebelumnya sempat diberhentikan dengan Surat Edaran Kementerian Negara BUMN tentang pembekuan sementara penyaluran dana kemitraan No. S.92/DS.MBU/2013 tanggal 3 April 2013.

 

Program Pembinaan

Sasaran pembinaan adalah mewujudkan usaha kecil efisien, sehat dan mandiri serta usaha kecil mampu menjadi unsur utama kekuatan ekonomi kerakyatan yang memberikan sumbangan besar bagi pembangunan ekonomi nasional. Len berkomitmen untuk membantuk UKM yang berada diluar zona bankable untuk kemudian dilakukan pembinaan sehingga UKM tersebut dapat menjadi UKM yang bankable.

 

Strategi pembinaan yaitu meningkatkan kemampuan akses usaha dan memperbesar pangsa pasar yang membutuhkan peningkatan prakarsa, inisiatif, kreatifitas, keuletan, kerja keras dalam memanfaatkan dan menciptakan peluang usaha serta meningkatkan kemampuan akses terhadap sumber permodalan dilakukan dengan meningkatkan keuntungan usaha, melalui peningkatan penjualan dan efisiensi biaya. Membuka peluang pemanfaatan produksi melalui kerjasama yang saling menguntungkan antara Pembina dengan mitra binaan dengan pola kerjasama klasterisasi.

 

Pembinaan kepada usaha kecil dan menjalin hubungan dengan masyarakat lingkungan perusahaan yang dimulai sejak tahun 1994 dan sampai saat ini telah membina Mitra Usaha sebanyak 213 unit mitra terdiri dari 207 unit usaha kecil dan 6 unit koperasi. Jenis usaha terdiri dari usaha pengolahan dan jasa, pengolahan berupa produksi spare parts (barang-barang teknik), konveksi, kerajinan, industri pertanian serta koperasi.

 

Lokasi usaha mitra binaan sebagian besar berdomisili di Kota dan Kabupaten Bandung. Pembinaan dan penyaluran bantuan kemitraan bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bandung, lembaga sosial seperti Rumah Zakat, PKPU dan kelompok usaha bersama lainnya (Kober).

 

Program Desa Binaan

Len melanjutkan program Desa Binaan yang telah dicanangkan. Program ini merupakan arahan dari Kementerian BUMN dalam mensinergikan Program Kemitraanan Bina Lingkungan (PKBL) dalam satu wilayah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut. Len Industri telah melakukan survey dan mapping di 3 (tiga) wilayah Kabupaten Bandung yang dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Magister Manajemen Universitas Padjadjaran Bandung.

 

Wilayah-wilayah tersebut merupakan daerah tertinggal yang mempunyai potensi baik dari segi geografisnya maupun sumber daya manusianya.

  • Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung
  • Desa Drawati Kecamatan Paseh
  • Desa Laksana Kecamatan Ibun

 

Program Desa Binaan ini dalam pelaksanaannya akan melakukan secara bertahap, yaitu dengan membina 1 (satu) desa binaan selama satu tahun. Diharapkan dalam satu tahun Len Industri sudah dapat melaksanakan program-program di desa tersebut dan akan melakukan pendampingan selama 2 (dua) tahun.