MOBIS (Mechanical Optical Block Interface System)

Gambaran Umum
MOBIS adalah suatu perangkat komunikasi blok yang mendukung fungsi Perkakas Blok Mekanik pada Sinyal Mekani k S&H. MOBIS menggunakan media kabel optik antar stasiun sehingga dapat meniadakan keberadaan kawat udara yang banyak memiliki kelemahan.

MOBIS-2  MOBIS (Mechanical Optical Block Interface System) MOBIS 2

Penggunaan media optik meningkatkan keandalan komunikasi blok dan sekaligus menyediakan backbone komunikasi multifungsi yang berkapasitas tinggi. MOBIS didesain dengan mempertimbangkan aspek safety performance serta prinsip fail-safe sehingga tingkat safety sebagaimana sistem aslinya dapat dipertahankan.

 

MOBIS merupakan teknologi transisi yang didesain dengan tujuan jangka pendek untuk peningkatan blok mekanik dan jaringan telepon, sedangkan jangka panjang untuk mendukung sinyal listrik koridor dan jaringan CTC maupun sistem telekomunikasi koridor lainnya.

 

Operasi Sistem
MOBIS mengubah gelombang analog 200Vac-400Vac/10-20Hz yang dihasilkan oleh operasi Perkakas Blok Mekanik menjadi besaran lojik yang kemudian dikirimkan sebagai data serial melalui PLC Modul. Data serial dikirimkan melalui backbone komunikasi optik melalui E1 Mux atau dapat melalui komunikasi backup point to point melalui Modem Optik yang built-in di dalam MOBIS.

MOBIS  MOBIS (Mechanical Optical Block Interface System) MOBIS

Data yang dikirim akan diterima dan diubah kembali menjadi gelombang analog oleh MOBIS lawan yang akan menggerakkan Perkakas Blok Mekanik di stasiun lawan. Cara kerja yang sama berlaku untuk arah sebaliknya.

 

Operasi Perkakas Blok Mekanik tidak berubah dari sistem aslinya yang menggunakan media kawat udara. Dari sisi Operator tidak ada perubahan pola operasi sehingga tidak diperlukan perubahan Reglemen operasi maupun training familiarisasi bagi Operator.

 

Operasi Dinas Malam bagi stasiun yang tutup malam hari juga dapat diakomodasi sepenuhnya oleh MOBIS selama kondisi sistem interlocking mekanik dan media komunikasi existing masih berfungsi sempurna.

 

Konfigurasi
MOBIS tersedia dalam beberapa tipe untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan proyek dan operasi stasiun, yaitu :

  • MOBIS 1D, untuk kebutuhan komunikasi blok satu arah distasiun-stasiun ujung ataupun yang berbatasan dengan sistem persinyalan yang berbeda
  • MOBIS 2D, untuk kebutuhan komunikasi blok dua arah di stasiun yang diapit stasiun dengan sistem serupa, atau dapat juga digunakan di stasiun dengan jalur ganda yang menggunakan sinyal mekanik

MOBIS-3  MOBIS (Mechanical Optical Block Interface System) MOBIS 3

 

Sistem MOBIS

 

System Architecture

· PLC : Single Channel, Duplicated I/O
· IBM : Dual Channel
· Data Comm :

 

PLC S7-300
· CPU : CPU 312-2
· Digital Output : SM 321 32Ch 24Vdc
· Digital Input : SM 322 32Ch 24Vdc

 

Control Capacity

1 Direction for 1 Block Control f oMechanical Block Principle

 

Operational Voltage

· 24 Vdc : for common control voltage
· 220 Vdc : for system supply

 

Data Communication

· RS 485 from/to MOBIS to Optical SDH System, or
· RS 485 to BLS Optical Modem

 

Mechanical Design

· 19” Standard Rack with Front/Rear Lockable Door
· Standing Floor
· Dimension : 600mm (W) x 1800mm (H) x 600mm (D)