Sistem Traksi (2)

Change Over Switch (COS) Box

COSB  Sistem Traksi (2) COSB

COS berfungsi untuk meregulasi output SIV untuk mensuplai daya 100 Vdc berdasar command dari TC untuk mengontrol perjalanan kereta.

 

Specification
Type : contactor, mounted under the floor of the train
Contact voltage : 220 /380 Vac and 100 Vdc
Control : 100 Vdc
Weight : 80 kg

 

Brake Resistor

Brake Resistor  Sistem Traksi (2) Brake Resistor

Setiap unit VVVF Inverter memiliki dua komponen Brake Resistor yang terhubung seri dipasang di atap kereta. Ketika kereta melaju sistem pendingin udara secara natural akan menurunkan suhu resistor. Ketika diberikan operasi pengereman dinamis (diynamic braking), energi pengereman akan didisipasikan ke dalam Brake Resistor.

 

Specification
Type : spiral, nickelin layer
Installation : mounted on each roof of the motor car (MC)
Rating : 1500 Vdc, 416 kW / 50 s
Cooling system : natural cooling
Weight : ± 200 kg

 

MSB (Main Switch Box)

MSB  Sistem Traksi (2) MSB

MSB berfungsi untuk mensaklar beberapa daya seperti pemutus daya (disconnecting switch) VVVF Inverter, bus switch, sensor tegangan dan arus, dan sebagai saklar tambahan (auxilliary switch). Dalam kondisi operasi normal, posisi MSB dalam posisi ON. Sebaliknya, ketika kondisi perawatan (maintenance) posisi MSB harus dalam posisi OFF. MSB memiliki jalur aliran listrik dari pantograph yang telah melewati fuse pada fuse box (PFB) dan kemudian melakukan switch untuk daya yang masuk ke VVVF inverter. MSB memiliki juga sensor untuk memonitor arus dan tegangan tinggi di dalam MSB yang dapat dipantau di kabin masinis.

 

Specification
Type : manual switching, current and voltage sensors, mounted below the floor of the fire sensor
V input : 1500 Vdc
V supply : 110 Vdc
Weight : ±80 kg

 

Filter Reaktor

Filter Reaktor akan mengurangi riak maupun gangguan arus listrik dari catenary sehingga tegangan yang akan dialirkan ke kereta melalui Inverter VVVF akan lebih baik responnya, serta harmonisasi pada torsi motor traksi yang digunakan akan lebih rendah. Motor, gearbox, dan pengkopel akan bekerja lebih efisien dan umur pemakaiannya bisa lebih panjang jika memakai Filter Reaktor.

Filter Reaktor  Sistem Traksi (2) Filter Reaktor

 

Specification
Type : Cu-Winding, iron-cored, under-floor mounted
Cooling system : natural cooling
Rating : 1500 Vdc – 8 mH – 450 A
Class of isolation : class H
Weight : ± 800 kg / unit