Hoax Internet akan Mati di Wilayah Ondong Siau Sulawesi Utara

Hoax Internet akan Mati di Wilayah Ondong Siau Sulawesi Utara

Jakarta, (22/9) – Saat ini telah beredar informasi berantai yang mengatas namakan Diskominfo dan Tim PT Len Telekomunikasi Indonesia (PT LTI) melalui aplikasi pesan dan media sosial mengenai jaringan internet yang akan mati dari tanggal 24-30 September 2021 di wilayah Ondong Siau, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

 

“PT LTI menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar,” jelas Agri Suramanggala, Humas & Perencanaan Perusahaan PT LTI.

 

Perlu diketahui bahwa perbaikan kabel laut memang akan dikerjakan di Link Ondong Siau – Tahuna. Namun dapat dipastikan tidak akan menyebabkan jaringan mati total, karena operator sudah menyatakan komitmennya untuk memberikan backup layanan, sehingga layanan internet tetap tersedia selama proses perbaikan.

 

Perbaikan kabel laut diestimasikan akan dilaksanakan pada 23 September hingga 30 September 2021.

 

Namun sekali lagi ditekankan bahwa selama perbaikan layanan internet akan tetap tersedia. Hal ini diperkuat dengan dikonfirmasikannya oleh Kadis Kominfo Ondong Siau, Jacson Baginda dan Manager Corporate Communications Telkomsel Area Pamasuka, Rina Dwi Noviani, bahwa berita tersebut adalah tidak benar.

 

Adapun selama perbaikan, layanan internet tidak akan mati total akan tetapi hanya mengalami penurunan kualitas.

 

PT LTI merupakan Badan Usaha Pelaksana (BUP) dan anak perusahaan PT Len Industri (Persero) yang ditugaskan untuk melaksanakan Pembangunan dan Pengelolaan Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Tengah.

 

Palapa Ring Paket Tengah terdiri dari 1.326 Km kabel darat dan 1.787 Km kabel bawah laut melayani akses informasi di 17 Kota/Kabupaten (Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara). Jaringan backbone ini beroperasi secara komersial sejak 21 Desember 2018 dan dibangun sejak tahun 2016. (**)