Program Keberlanjutan

Pengembangan Pabrik Baru – Len Technopark

Sejak akhir tahun 2014, Len telah memulai pembangunan pabrik baru yang berada di Subang Jawa Barat di lahan seluas 10 Ha. Len Technopark merupakan pengembangan pertama yang memiliki fasilitas produksi, inovasi dan manajemen. Ditargetkan akan mulai beroperasi di pertengahan tahun 2015 untuk mengerjakan proyek bidang elektronika pertahanan yakni Rudal Startreak (sistem anti serangan udara).

 

Selanjutnya selain fasilitas bidang pertahanan, tahap selanjutnya Len Technopark akan memiliki fasilitas produksi modul surya yang merupakan penambahan kapasitas dari fasilitas produksi modul surya yang sudah dimiliki Len saat ini sebesar 10 MWp / tahun ditargetkan menjadi 60 MWp / tahun. Len Technopark juga diinginkan menjadi sebuah wahana teknologi yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum terutama dari kalangan pendidikan.

 

Selain memiliki nilai industri, Len Technopark juga diproyeksikan akan menjadi kawasan wisata teknologi. Untuk menjadikannya sebagai tempat wisata teknologi profesional, Len akan bekerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi serta Kementrian Pariwisata.

 

Len Technopark diharapkan dapat mengakomodir berbagai model bisnis yang berorientasi teknologi. Juga menjadi jembatan penghubung antara akademisi dan industri agar dapat mewujudkan teknologi yang memberikan profit serta tepat guna dapat terwujud. Len Technopark optimis akan mampu untuk mewujudkan harmonisasi antara peneliti dan industri, dikarenakan fasilitas Len Technopark akan menawarkan Innovation Without Limit.

 

Ketenagakerjaan dan K3L

Kesungguhan perseroan mematuhi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) telah membuahkan hasil penerimaan Piagam Penghargaan K3 Nasional (sertifikasi SMK3) pada tahun 2014.

 

Pokok kegiatan pelestarian lingkungan dan pencegahan terjadinya kecelakaan kerja adalah mencakup pemenuhan sarana dan prasarana serta pelatihan pengetahuan K3L. Kegiatan pelestarian lingkungan lebih ditekankan untuk menjamin bahwa setiap usaha yang dilakukan perusahaan memberikan dampak negatif seminimal mungkin (dapat ditolerir) pada lingkungan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Lebih lanjut kegiatan utama yang dilakukan adalah mencegah terjadinya penurunan kualitas lingkungan perusahaan maupun sekitar perusahaan.

 

Pelaksanaan Program Pelestarian Lingkungan dan K3 dijalankan oleh Komite Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3L) yang dibentuk pada tanggal 2 November 2012 yakni sebagaimana Keputusan Direktur Utama Nomor 185A/SKEP/DU/XI/2012 yang diketuai langsung oleh Direktur Teknologi dan Produksi

Kegiatan Pelestarian Lingkungan dan K3 yang rutin dilaksanakan antara lain :

  • Melakukan tindak lanjut hasil audit eksternal OHSAS 18001, ISO 14001 dan SMK3L
  • Membuat Laporan Neraca Limbah B3 ke Kepala BPLH Kota Bandung
  • Laporan pemantauan lingkungan Perusahaan oleh AK3 Umum
  • Pengukuran kandungan Logam Uap Pb pada proses penyolderan Tabbing & Matrixing produksi modul surya
  • Program Penghematan Energi dan Sumber Daya yang menjadi program perusahaan (Instruksi Presiden RI)
  • Melaksanakan Proses Audit dari Sucofindo
  • Memberikan Pelatihan PP 50 Tahun 2012 kepada karyawan
  • Melakukan safety patrol bulanan dan menindak lanjuti hasil evaluasinya
  • Pelaksanaan tanggap darurat simulasi kebakaran

 

Sosial Kemasyarakatan

Dibidang sosial kemasyarakatan, PT Len Industri (Persero) tetap meneruskan komitmennuya untuk melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Melalui program ini, perusahaan berupaya mengembangkan keberadaan usaha kecil, menengah dan koperasi (UMKM), sehingga bisa lebih banyak menyediakan lapangan kerja bagi penduduk setempat.

 

Berbagai program dan kegiatan telah diselenggarakan baik yang dilaksanakan sendiri maupun bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bandung, lembaga sosial seperti Rumah Zakat, PKPU dan kelompok usaha bersama lainnya (Kober). Hingga akhir Desember 2014 PKBL Len secara akumulatif telah menyalurkan dana kepada 213 mitra, 21 diantaranya mitra baru pada tahun 2014.

 

Pelaksanaan program utama berkelanjutan diatas dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan dalam operasional perusahaan. Secara bertahap, dalam rangka memenuhi ketentuan yang menjadi acuan secara internasional dalam menyusun laporan Sustainability Report (SR), maka PT Len Industri (Persero) telah menyusun laporan SR (tahun buku 2013) yang pertama di tahun 2014 dan berhasil mendapatkan penghargaan di ajang SR Awards 2014.