Len Luncurkan mPOS+ Untuk Penyaluran Bantuan Non Tunai Kementerian Sosial

Len mPOS+ Untuk Penyaluran Bantuan Non Tunai

BANDUNG (30/11) – Perangkat mPOS+ baru saja diluncurkan PT Len Industri (Persero) atau Len beberapa waktu lalu saat Menteri Sosial Ibu Hj. Khofifah hadir di Mataram, (24/11/2017). Acara tersebut merupakan penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) kerjasama antara PT Len Industri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

 

“Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial bertekad menyukseskan penyaluran bansos non tunai untuk 10 juta KPM tahun depan. Insya Allah bersama mitra kerja yakni HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara), Pemda, Pendamping Program, kami optimis PKH (Program Keluarga Harapan) mampu menurunkan angka kemiskinan dan gini ratio secara signifikan,” tegas Khofifah.

 

“Len EDC mPOS+ sebagai alat pendukung kegiatan tersebut hanya membutuhkan verifikasi sidik jari dalam penggunaannya. Perangkat ini mudah dibawa (mobile) dan tidak membutuhkan PC (komputer), sehingga lebih praktis dipakai dan cepat bahkan bisa pembukaan rekening dan pengajuan kredit karena ada fasilitas digital signing dan autentifikasi KTP-el dengan sidik jari,” tutur Direktur Utama Len, Zakky Gamal Yasin.

Len mPOS+ Untuk Penyaluran Bantuan Non Tunai

Len telah berhasil membuat mPOS+ (Mobile Poin Of Sales Plus). mPOS+ merupakan perangkat pembaca KTP-el yang dilengkapi dengan smart mobile POS untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant maupun transaksi perbankan layaknya penggunaan EDC (Electronic Data Capture).

 

Perangkat ini dapat melakukan 4 jenis transaksi pembayaran yaitu menggunakan magnetic stripe card, IC card, NFC dan pembayaran melalui barcode dengan bantuan camera scanning. Dengan dukungan jaringan seluler dan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi untuk memudahkan proses akuisisi identitas secara cepat sehingga memberikan layanan bertransaksi yang lebih aman, lebih cepat dan lebih stabil.

 

Selain itu keunggulan dari mPOS+ buatan Len ini adalah dapat melakukan transaksi secara offline yang mana dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia tanpa tekecuali. Hal ini adalah keunggulan utama yang tidak dimiliki oleh perangkat EDC konvensional serta adanya pemindai sidik jari untuk memastikan transaksi aman.

 

Seperti diketahui, penyaluran bantuan sosial secara non tunai telah dimulai sejak November 2016. Penyaluran ini merupakan sebuah lompatan besar yang revolusioner dalam sejarah program pengentasan kemiskinan di Indonesia bahkan di dunia.

 

Dulu, penerima manfaat harus mendatangi kantor pos untuk mencairkan bansos dan harus mengantre lama karena waktu pengambilannya bersamaan. Maka kini dengan sistem non tunai melalui sistem perbankan, akan terlayani jauh lebih efektif. Mereka sekarang bisa langsung akses melalui Len EDC mPOS+ bank HIMBARA serta Bank Pemerintah Daerah.

***

 

Salam,

 

Donny Gunawan

Manajer Komunikasi Korporasi

PT Len Industri (Persero)

 

Head Office :

Jl. Soekarno Hatta 442 Bandung 40254, Indonesia

Telp: +62-22-5202682 Fax: +62-22-5202695

Jakarta Office :

Jl. MT Haryono Kav 23 – Menara MTH, Lantai 17

Telp: +62-21-83782491