Len Peringati Bulan K3 Nasional dengan Rangkaian Acara Donor Darah

BANDUNG (12/01) – PT Len Industri (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menyelenggarakan acara donor darah bertajuk “Setetes darah anda, berharga bagi mereka” di Grha Len, Bandung (12/01).

 

Kegiatan donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka menyambut Bulan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Nasional tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2022.

 

Mungkin kita belum pernah membayangkan sebelumnya bahwa beberapa tetes darah yang kita sumbangkan bisa menjadi sangat berarti bagi kesehatan dan nyawa orang lain.

 

Len Peringati Bulan K3 Nasional dengan Rangkaian Acara Donor Darah

 

Direktur Keuangan dan SDM Len, Indarto Pamoengkas saat membuka acara ini dalam sambutannya mengatakan, “Bulan K3 Nasional jangan dimaknai hanya dengan donor darah saja. Namun harus kita maknai dengan semangat kita menerapkan kegiatan K3 dalam pekerjaan kita sehari-hari, dan dengan menambah pengetahuan, kesadaran serta kepatuhan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja.”

 

Habibi, salah satu petugas PMI Kota Bandung mengatakan, “Saat pandemi seperti sekarang, masyarakat mulai berkurang untuk melakukan donor darah, terutama langsung ke PMI. Mereka masih ada yang merasa khawatir dengan adanya virus COVID 19.  Maka dari itu, Len membantu dengan bekerjasama dengan kami, mendatangkan PMI ke kantor Len.”

 

Len Peringati Bulan K3 Nasional dengan Rangkaian Acara Donor Darah

 

“Hari ini ada 95 karyawan yang mendonorkan darahnya. Masing-masing orang bisa mendonorkan darahnya sebanyak 350 ml hingga 450 ml. Dan mereka harus cek kesehatan dulu apakah bisa menjadi pendonor atau tidak,” jelas Indarto.

 

Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi sesama yang sedang membutuhkan transfuse darah saja. Donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan karyawan Len yang mendonorkan darahnya, seperti untuk kesehatan jantung dan meningkatkan produksi sel darah merah.

 

Selain itu, khususnya bagi masyarakat penderita penyakit tertentu seperti hemofilia, mereka membutuhkan setidaknya 2 kantung darah per bulan atau bahkan per minggu, sehingga dibutuhkan stok darah yang lebih banyak.

 

Dalam rangka menyambut Bulan K3 Nasional, selain donor darah, Len juga akan menyelenggarakan _walking game_ dan beberapa webinar _sharing session_ tentang kesehatan karyawan di akhir Januari dan awal Februari nanti. (***)