Pelatihan Keperawatan Prasarana Fasilitas Operasi MRT Jakarta oleh Len

Pelatihan MRT Jakarta di LenBANDUNG  – Sebanyak 33 personil tenaga perawatan prasarana fasilitas operasi kereta MRT Jakarta mengikuti program pelatihan pengembangan kompetensi sumber daya manusia di PT Len Industri (Persero). Pelatihan dibagi menjadi tiga kloter yang dilaksanakan selama lima hari dimulai dari Senin tanggal 8 hingga 12 Desember 2017.

 

Pada hari pertama, diawali dengan penyambutan serta pembukaan oleh Direktur Keungan dan SDM PT LRS, Yani Kurniati (anak perusahaan) di ruangan Pangrango,  PT Len Industri.  Para peserta pelatihan mendapatkan materi yang berbeda setiap harinya dalam memperdalam materi serta menambah keterampilan tentang sistem persinyalan.

 

Materi yang didapatkan yakni Interlocking and Signalling System, Telecommunication System, Track Circuit System, Point Machine System, LCP/ VDU Equipment, PLC System, CBTC System, Maintanance System, CTS/ CTS System, Media Transmisi System serta PABX / Central Telephone System.

Pelatihan MRT Jakarta di Len 

Mereka sebagian besar merupakan lulusan dari Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) yang direkrut menjadi karyawan PT MRT Jakarta. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh PT Len Railway Systems (LRS), anak perusahaan Len, yang bergerak dalam bidang transportasi perkeretaapian dan telah bekerja sama dengan PT MRT Jakarta.

 

Salah satu peserta pelatihan, Nurul Andriani (21) mengungkapkan pandangannya. “Ini merupakan pertama kalinya pelatihan khusus untuk MRT Jakarta pada bagian maintenance signaling,  terutama Communication Base Train Control (CBTC). Merupakan teknologi terbaru di Indonesia untuk persinyalan yang mengatur kereta. Kita disini untuk mempelajari  hal itu semua, karena hanya Len yang memberikan fasilitas pembelajaran teknologi tersebut. Kedepannya juga kami akan melakukan praktek dilapangan untuk melihat alat-alat dan juga belajar bagaimana mengoperasikannya.Saya berharap semoga Indonesia dapat mengejar atau bahkan melampaui teknologi yang akan berkembang juga dapat membuat penelitian sendiri, membuat pengembangan sendiri dan sebagainya”.