Peringati HUT ke-29, Len Industri Bagikan Masker Gratis

BANDUNG (08/10/20) – Bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun ke-29 (07/10), Len Industri, melalui Bagian PKBL & CSR, bersama dengan Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan, turun ke jalan untuk membagikan masker gratis di sejumlah titik pasar dan terminal di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

 

Sebagai penanggung jawab satuan tugas BUMN dalam penanggulangan Covid-19 di wilayah Kabupaten Bandung, Len Industri menjadikan momen baik ini untuk memberikan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru (AKB) kepada masyarat untuk selalu mengenakan masker di tempat umum dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan lainnya. Kegiatan ini juga merupakan bentuk bantuan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat.

 

Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN, kegiatan ini merupakan program nasional pembagian 500 ribu masker gratis oleh 108 BUMN, serentak di 514 kota/kabupaten, yang dilaksanakan pada 6 – 8 Oktober 2020. PT Len Industri (Persero) bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. dan Pemerintah Kabupaten Bandung, berkolaborasi membagikan sebanyak 9000 masker kain untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung.

 

Pusat keramaian seperti pasar dan terminal menjadi target utama pembagian masker. Dimulai dengan seremonial acara di Pasar Kopo Sayati, dilanjutkan dengan pembagian masker di daerah Pasar Dayeuhkolot, kemudian di Pasar Baleendah yang merupakan zona oranye penyebaran kasus Covid-19. Meski diselenggarakan di tempat keramaian, kegiatan ini berlangsung lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

“Kami sangat berterima kasih kepada Len Industri dan Telkom Indonesia dengan bantuan masker kain 3 lapis ini, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di pusat keramaian seperti pasar. Dan di sini juga kami sampaikan untuk masyarakat Kabupaten Bandung khususnya, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam adaptasi kebisaaan baru, dengan memakai masker kain standar 3 lapis, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak satu dengan lainnya”, jelas Gun Gun Gunawan dalam sambutanya.

 

Dalam kegiatan ini, Len Industri juga turut memberdayakan peran UMKM yang tergabung dalam mitra binaannya untuk memproduksi masker 3 lapis tersebut, sesuai standar yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO).

 

Berdasarkan kajian WHO, setiap lapis kain memiliki kemampuan filtrasi yang berbeda-beda. Semakin tinggi filtrasinya, maka semakin ampuh lapis kain tersebut untuk menahan virus. Oleh karena itu, kombinasi ideal yang dianjurkan untuk masker kain yaitu terdiri dari 3 lapis, menggunakan jenis kain dengan kemampuan filtrasi yang baik dan tetap nyaman digunakan.

 

Momen perayaan HUT ke-29 Len Industri melalui pembagian masker ini sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bangkit bersama dan saling peduli satu sama lain. Manajer PKBL & CSR Len Industri, Donny Gunawan menambahkan, “Dengan adanya program [pembagian masker gratis] ini, kita berharap, walaupun mungkin kontribusinya tidak besar, tetapi kita bisa membantu masyarakat untuk berjuang bahu-membahu melawan pandemi.”