PT Len Industri (Persero) Berikan Pendanaan PUMK Demi Tingkatkan Geliat Ekonomi UMKM

cover TJSL

BANDUNG, 29 November 2022 – PT Len Industri (Persero) menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN (TJSL) dengan menyalurkan bantuan pinjaman pendanaan UMK Triwulan IV 2022 kepada 3 mitra binaan dan dilaksanakan di kantor PT Len Industri (Persero) Bandung.

 

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN (TJSL) program PUMK, merupakan program dari Kementerian BUMN yang melatarbelakangi program penyaluran pinjaman pendanaan ini.

 

“Prioritas utama Program PUMK dapat memberikan kemudahan UMK untuk mendapat akses permodalan. Hal itu dibuktikan dengan kebijakan Program PUMK menyasar UMK yang belum mendapat pinjaman usaha serta belum memenuhi kriteria untuk mendapat pinjaman usaha perbankan,” ungkap Menteri BUMN Erick Thohir yang dikutip dari situs Kementerian BUMN.

 

Salah satu tujuan dari program TJSL adalah untuk membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri.

 

Kegiatan pendanaan PUMK sudah dilakukan oleh PT Len Industri (Persero) sejak adanya unit TJSL di tahun 1994, yang rutin dilakukan per triwulan. Jika dilihat di tahun 2019-2022, PT Len Industri (Persero) sudah menyalurkan bantuan pada 145 mitra binaan yang tersebar di Bandung Raya.

 

Dikutip dari laman Bisnis Tempo, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing Eddy Satria mengatakan prediksi resesi 2023 dapat membuat siklus impor terganggu dan menghambat beberapa bahan baku yang dibutuhkan pelaku UMKM. Hal ini dapat diantisipasi oleh UMKM dengan menggunakan bahan lokal.

 

Diharapkan dengan adanya pendanaan PUMK dapat menjadi solusi untuk meningkatkan geliat ekonomi UMKM dalam menghadapi resesi yang diperkirakan terjadi di tahun 2023.

 

Selain menyelenggarakan pendanaan PUMK, diadakan pula pelatihan, monitoring dan pembinaan usaha, dan peningkatan UMKM naik kelas. Seluruh kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dari komitmen PT Len Industri (Persero) untuk terus berkontribusi dan berdampak bagi masyarakat.