Implementasi GCG

Implementasi Pelaksanaan GCG

Perseroan memastikan mengimplementasikan prinsip-prinsip GCG dalam setiap aspek bisnis dan operasional dengan mengacu pada pemenuhan 5 prinsip dasar GCG yakni meliputi keterbukaan (transparency), akuntabilitas (accountability), responsibilitas (responsibility), independensi (independency) serta kewajaran dan kesetaraan (fairness). Len menyakini bahwa pelaksanaan GCG secara konsisten akan memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan usaha, meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mengelola sumber daya perusahaan, memaksimalkan nilai perusahaan dalam jangka panjang serta meningkatkan kepercayaan para stakeholders.

 

Perseroan memiliki komitmen untuk selalu menerapkan standar tata kelola yang baik dan berupaya keras menerapkan GCG secara berkesinambungan lebih dari sekedar kepatuhan terhadap standar dan peraturan perundangan, dimana dalam implementasi GCG Len mengadopsi standar ketentuan Kementerian Negara BUMN.

 

Assessment & Improvement GCG
Len telah melaksanakan penilaian (Assessment) terhadap implementasi Good Corporate Governance (GCG) untuk periode tahun 2013 yang dilakukan sejak tanggal 9 September sampai dengan 1 November 2013. Assessment dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi penerapan GCG yang dikaitkan dengan ketentuan perundangundangan yang berlaku dan praktik-praktik terbaik (best practices) penerapan GCG, sehingga area-area yang memerlukan perbaikan/penyempurnaan dapat diidentifikasi.

 

Asessment terhadap penerapan GCG pada Len dilaksanakan berdasarkan standar alat uji Keputusan Sekretaris Menteri BUMN Nomor SK-16/S.MBU/2012 tanggal 6 Juni 2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) pada BUMN, yang mencakup 6 (enam) aspek pokok pengukuran meliputi (a) Komitmen Terhadap Penerapan Tata Kelola secara Berkelanjutan, (b) Pemegang Saham dan RUPS, (c) Dewan Komisaris, (d) Direksi, (e) Pengungkapan Informasi dan Transparansi dan (f) Aspek Lainnya. Aspek-aspek yang dinilai terangkum dalam 43 indikator dan 153 parameter.

 

Hasil assessment GCG pada tahun 2013 menjadi landasan perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan implementasi GCG secara bertahap dan berkelanjutan di masa mendatang. Hasil rekomendasi assessment GCG yang menjadi area of improvement yang sebagian sudah dilakukan dan masih dalam proses penyelesaian.

 

Beberapa yang sudah dilaksanakan di tahun 2013-2014 antara lain :

  • Penyusunan dan pengesahan Kebijakan Whistleblowing System oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Penyusunan dan pengesahan Kebijakan Pengendalian Gratifikasi oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Pengesahan Board Manual oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Pengesahan Code of Conduct oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Pengesahan Code of Corporate Governance (CoCG) oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Pernyataan komitmen atas implementasi GCG oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Pengisian Daftar Khusus oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Penandatangan Pernyataan Benturan Kepentingan oleh Direksi dan Dewan Komisaris
  • Menetapkan kebijakan mengenai informasi publik dan informasi rahasia dan prosedur pengungkapan informasi kepada stakeholder
  • Menetapkan kebijakan mengenai pengelolaan dan pemutakhiran website
  • Mengikuti sosialisasi pedoman pengukuran GCG dan sharing on excellence penerapan GCG yang diadakan oleh Kementerian BUMN yang bekerjasama dengan BPKP
  • Sosialisasi atas Code of Corporate Governance (CoCG), Code of Conduct, Whistleblowing System dan Pengendalian Gratifikasi.

 

BUMN Bersih
Sejalan dengan program BUMN Bersih yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN melalui keputusan Menteri BUMN Nomor SK-439/MBU/2013 tanggal 14 Agustus 2013, Kementerian BUMN telah meluncurkan roadmap BUMN Bersih yang wajib diikuti oleh seluruh BUMN.

 

Berkenaan dengan hal tersebut, Len menyambut positif dan berkomitmen untuk mengimplementasikannya sebagai upaya untuk mendukung anti korupsi sejalan dengan nilainilai Len yang bersih dan anti korupsi. Len telah mengimplementasikan kegiatan assessment BUMN Bersih tahap satu yang dilakukan pihak independen dengan hasil predikat yang dicapai “Berkomitmen”. Adapun hasil penilaian BUMN Bersih adalah dari aspek Upaya Internal / Dokumen Aplikasi mencapai skor 8,51 dan aspek Persepsi / Kuesioner mencapai skor 7,32.

 

Dengan pencapaian tersebut, Len berkomitmen untuk terus konsisten menerapkan tata kelola perusahaan yang bersih dari gratifikasi dan Korupsi Kolusi serta Nepotisme (KKN). Selanjutnya Len siap untuk dilakukan pengukuran kembali sesuai dengan tahapan yang ditetapkan secara berkala.