" /> Komit-Komite Perusahaan | PT Len Industri (Persero)

Komit-Komite Perusahaan

Dalam rangka mewujudkan tujuan Perusahaan untuk meningkatkan laba berdasarkan prinsip- prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) secara efektif dan efisien, maka sesuai dengan Peraturan Menteri Negara BuMN No. PER-12/MBu/2012 tanggal 24 Agustus 2012 tentang Organ Pendukung Dewan Komisaris / Dewan Pengawas BuMN yang mewajibkan Dewan Komisaris membentuk Komite Audit dan Komite Pemantau Manajemen Risiko, GCG dan Investasi untuk membantu Dewan Komisaris melaksanakan tugas dan tanggung jawab pengawasan di perusahaan.

 

Komite Audit dan Komite Pemantau Risiko, GCG Dan Investasi

Dalam melaksanakan fungsi dan perannya, Komite Audit dan Komite Pemantau Manajemen Risiko, GCG dan Investasi telah dilengkapi Pedoman dan Tata  Tertib  Kerja  yang  tertuang  dalam Piagam Komite Audit (Audit Committee Charter) yang ditetapkan tahun 2009. Piagam Komite Audit tersebut telah dimutakhirkan menyesuaikan dengan Peraturan Kementerian Negara BuMN Nomor PER-01/MBu/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik pada BuMN dan PER-12/MBu/2012  tanggal 24 Agustus 2012 tentang Organ Pendukung Dewan Komisaris BUMN, melalui Surat Keputusan Dewan Komisaris Nomor SK.01/DK/LEN/I/2016 tanggal 13 Januari 2016.

 

Pada tahun 2017 kembali dilakukan pemutakhiran penyusunan Piagam Komite Audit (Audit Committee Charter) Pemantau Manajemen Risiko, GCG dan Investasi dalam rangka menyelaraskan dengan perkembangan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Piagam Komite Audit dan Komite Pemantau Manajemen Risiko, GCG dan Investasi yang telah disahkan ini mengatur secara rinci mengenai tujuan pembentukan komite audit, kedudukan dan komposisi, hak dan wewenang, tugas dan tanggung jawab, hubungan dengan pihak yang terkait, rapat, pelaporan, konflik dan kode etik dan lainnya. Piagam Komite Audit dan Komite Pemantau Manajemen Risiko, GCG dan Investasi ini akan menjadi acuan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

 

Selain pemutakhiran penyusunan Piagam Komite, piagam juga dijadikan sarana komunikasi (public relation) yang akan menunjukkan komitmen  Direksi dan Komisaris terhadap efektivitas pengendalian internal dan pengelolaan perusahaan secara keseluruhan.

Komite Pemantau Risiko Len Industri memiliki fungsi untuk mendukung Dewan Komisaris dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja Perusahaan. Komite Pemantau Risiko, GCG dan Investasi dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Len Industri Nomor Surat Keputusan Nomor SK-04/DK-LEN/VII/2016.