“Tenaga Surya untuk Bangsa” Len Sabet 4 Kategori Penghargaan CSR

Jakarta (09/03/2022) – PT Len Industri (Persero) selaku induk Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID berhasil meraih empat kategori penghargaan di ajang Indonesia Corporate Social Responsibility Excellence Awards (ICEA) 2022 melalui program CSR “Tenaga Surya untuk Bangsa”.

 

Empat penghargaan tersebut adalah The Best Workplace Environment, The Best CSR In Cooperation Program With Cooperatives, The Most Excellence CSR Company 2022, dan The Best Leadership on CSR Program untuk  Direktur Keuangan & SDM Len, Indarto Pamoengkas.

 

Penghargaan diberikan oleh Ashwin Sasongko Sastrosubroto Ketua Komisi Teknis TIK dan diterima langsung oleh Indarto Pamungkas pada acara puncak penghargaan ICEA 2022 di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (09/03).

 

“Tenaga Surya untuk Bangsa” Len Sabet 4 Kategori Penghargaan CSR

 

Menteri Koperasi & Usaha Kecil Teten Masduki yang menghadiri penganugerahan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ke depan harus pula diarahkan untuk anak muda, perempuan, serta sektor ekonomi produktif seperti pertanian, kehutanan dan peternakan. Dengan itulah kita akan mampu menghapus kemiskinan ekstrim di tahun 2024, yang menjadi agenda prioritas pemerintah. Secara khusus ia mengajak agar CSR perusahaan diarahkan untuk pemberdayaan ekonomi di wilayah-wilayah miskin ekstrim.

 

“Kami memberikan bantuan berupa tenaga surya agar masyarakat dapat ikut menikmati produk hasil inovasi dari Len. Program kami juga merupakan usaha Len dalam melakukan dekarbonisasi, yaitu usaha mengurangi emisi karbon dengan penggunaan energi ramah lingkungan menggantikan bahan bakar fosil. Bisnis energi merupakan perwujudan dari konsep dual-use technology, yaitu pertahanan dan non pertahanan.” ujar Indarto.

 

Ajang ini diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine dan didukung oleh PPM Manajemen, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Lembaga Kajian Nawacita, Lembaga Anti Narkoba, Universitas Indonesia, Politeknik Ketenagakerjaan dan lainnya.

 

Ajang penghargaan ICEA 2022 mengusung tema “CSR Program to Encourage Transformation Toward a Digital Society in the Development of Economic and Environmental Growth as well as a Sustainable MSME sector in the Pandemic Era”.

 

General Manager CSR Len, Donny Gunawan mengatakan bahwa dengan penghargaan tersebut akan menambah semangat Len untuk selalu berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat luas serta fokus CSR Len mendorong sektor pendidikan, lingkungan & pengembangan UMK di Indonesia.

 

“Tenaga Surya untuk Bangsa” Len Sabet 4 Kategori Penghargaan CSR

 

Len mendapatkan penghargaan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan secara obyektif dan independen oleh tim penilai dan dewan juri. Adapun para pemenang Indonesia CSR Excellence Award 2022 merupakan perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR dengan tepat sasaran, atau bahkan Creating Shared Value (CSV).

 

CSV merupakan pengembangan dari CSR sebagai strategi penting dalam bisnis untuk mendapatkan keuntungan kompetitif melalui kegiatan sosial memasyarakatan yang dapat menciptakan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

 

Dalam acara yang dilakukan secara hybrid ini juga turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup, Sigit Reliantoro serta Perwakilan Asdep TJSL Kementerian BUMN Teddy Poernama.

(**)