Wakil Ketua DPR Dasco Apresiasi Teknologi Industri Pertahanan PT Len Industri

Bandung (22/10/2021) – Wakil Ketua DPR untuk Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, beserta 7 staf ahlinya mengunjungi kantor pusat PT Len Industri (Persero) dalam rangka peninjauan langsung salah satu industri dalam negeri, di Bandung pada Jumat (22/10).

Wakil Ketua DPR Dasco Apresiasi Teknologi Industri Pertahanan PT Len Industri

Bobby Rasyidin, Direktur Utama Len Industri beserta seluruh jajaran Direksi Len dan menyambut dan mendampingi tamu rombongan untuk melihat langsung pengembangan radar, Ruang C4ISR (Command, Control, Communication, Computer, Intelligence, Surveillance, and Reconnaissance), hingga fasilitas produksi modul surya dan fasilitas produksi elektonik milik Len Industri.

 

Dasco dalam kesempatan wawancaranya mengatakan, “Sebagai Industri pertahanan, Len sangat luar biasa. Banyak potensi yang belum diketahui masyarakat, dan potensi yang ada ini bisa memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh pertahanan kita. Dari sisi teknologi maupun desainnya, saya pikir Len sudah memenuhi syarat yang paling bagus. Sistem persinyalan untuk kereta api, kita ada di 5 besar di dunia, salah satu yang terbaik. Len sudah menggarap persinyalan MRT di Singapura (2006) dan di Bangladesh pada tahun 2015.”

 

Di bidang sistem perkeretaapian, Len berhasil menggarap sebagian besar pasar fasilitas operasi perkeretaapian di Indonesia. Hingga kini, Len sudah menggarap sistem persinyalan lebih dari 220 stasiun di 2.430 Km jalur utama (mainline) kereta di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi serta urban transport seperti LRT Sumatera Selatan, LRT Jakarta, LRT Jabodebek hingga Skytrain Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

 

“Saya menghimbau kepada pihak-pihak di dalam negeri, kepada pemakai, terutama industri pertahanan. Mari kita majukan produk dalam negeri selaras dengan keinginan presiden untuk memajukan produksi dalam negeri. Kita tidak kalah dari sisi desain, tidak kalah dari sisi teknologi, kita tidak kalah dari sisi kemampuan, segala macam peralatan ini ada di Len,” imbuhnya.

 

Wakil Ketua DPR Dasco Apresiasi Teknologi Industri Pertahanan PT Len Industri

Bobby juga mengatakan, “Kami merasa bangga, dan terimakasih atas kunjungannya. Sekarang adalah bagaimana (mewujudkan) tantangan-tantangannya. Bagaimana meningkatkan designnya, meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknologinya. Supaya Len lebih maju dan terutama lebih cepat untuk masa depan. Sehingga, cita-cita nasional bagaimana kita mandiri secara teknologi dan industri dapat terwujud.”

 

Di bidang pertahanan, Len Industri memiliki fokus dalam pengembangan mandiri sistem integrasi alutsista yang dikenal sebagai konsep terintegrasi C4ISR. C4ISR memiliki peran penting dalam membangun Network Centric Warfare (NCW). NCW sebagai doktrin peperangan modern memiliki keunggulan yang terletak pada teknologi informasi dan distribusi data taktis untuk menciptakan suatu situational awareness yang lebih luas, cepat dan akurat di tiga matra (darat, laut, udara).

 

Bobby juga menyampaikan bahwa Len sudah mengalami kondisi perekonomian yang sulit dalam 2 tahun terakhir, dan ia optimis Len akan segera bangkit di tahun 2022. (***)